6/recent/ticker-posts

Tahukah Mengapa Semut Berhenti Sebentar Saat Bertemu Semut Lainnya

Semut Merah

Tahukah Mengapa Semut Berhenti Sebentar Saat Bertemu Semut Lainnya  | 

Sedikit Penambah pengetahuan untuk pembaca setia blog Sedikit Berbagi, :) Semut hewan kecil yang suka dengan gula,kita sering mengamati disekitar kita jika terdapat gula atau makanan yang manis diudara terbuka pasti semut ada disitu. Tapi disini Sedikit Berbagi tidak akan membahas mengapa semut bisa berada disitu melainkan membahas mengapa semut berhenti sebentar saat bertemu temannya. dan inilah alasnnya.
 Semut yang berhenti sebentar bila bertemu dengan semut lainnya, sebenarnya semut itu sedang melakukan komunikasi. Tetapi manusia tidak dapat mengerti bahasa komunikasinya, hanya Allah dan Nabi Sulaiman yang tahu, karena Allah yang menciptakan dan Nabi Sulaiman punya mukjizat bisa berbicara dengan binatang.

" Menurut seorang peneliti dari New York University yang bernama T.C.Schneirla, dia pernah mengadakan sebuah percobaan dengan semut. Dia mengambil seekor semut, lalu ditaruhlah semut itu dalam tempat yang berisi makanan. Semut yang lain ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Lalu kelakuan kedua semut ini diamati, terutama ketika semut itu berpapasan dengan semut lainnya di jalan.
Dari penelitian itu, T.C.Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan dan semut musuh yang menempel pada semut itu, dan ketika semut yang terkena zat kimia makanan bertemu dengan semut lainnya, semut ini akan menyapa (bersentuhan) dengan semut yang tidak terkena zat kimia makanan. Dengan menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu semut lainnya, melalui antena di kepala semut. Apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh. "


Jadi, alasan semut berhenti sebentar bila bertemu dengan semut lainnya, itu bertujuan memberi tahu semut lainnya, bahwa ada makanan atau musuh disekitarnya, melalui zat kimia yang menempel pada semut pembawa berita itu.

Nah Sekarang jadi tahu kan mengapa semut berhenti sebentar saat berteu dengan semut lain. Jangan lupa Komentarnya ya bro! :)

Post a Comment

2 Comments

  1. wah ternyata begitu ya, tambah ilmu saya gan, thx gan ilmunya

    ReplyDelete
  2. iya gan,, sipp pokoknya,, jangan kapok main disini gan..

    ReplyDelete

Dilarang berkomentar dengan link hidup,jika ada akan ditandai sebagai spam !!
untuk yang tidak punya akun google, silahkan pilih Name/URL atau Anonymous.

Terima kasih untuk yang sudah berkenan komentar.